Popular Post

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

recent posts

Flickr Images

Like us on Facebook

About Us

About

Posted by : novans-565.blogspot.com/ Selasa, 18 Agustus 2015

Cara Membuat Objek Meja dan Kursi di Blender


MEMBUAT MEJA DAN KURSI DI BLENDER


Buka aplikasi blender seperti biasa. 
Setelah masuk ke aplikasi , maka tampilannya akan  seperti ini.
Pada pertemuan kali ini kita akan membuat  OBJEK kursi dan meja. Bentuk awal untuk membuatnya yaitu berbentuk kubus.
Dari kubus itu kita akan bentuk menjadi bentuk meja.
Pertama-tama , kita bentuk kubus tersebut menjadi bentuk atas/permukaan mejanya. Yaitu dengan menggunakan shortcut tombol

S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan  berdasarkan sumbu X
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y




Maka , jadilah bentuk seperti ini.



Tahap selanjutnya yaitu membuat kaki meja sebagai penyangganya. Pertama masuk ke edit mode , pilih di menu pada bagian bawa, lalu klik edit mode.

*Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada.
Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R . Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi. 
*untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan bawah pada mouse
  Klik crtl+ R       dan  klik kiri pada mouse jika sudah sesuai


Kemudian membuat bagian di sisi sebaliknya ,dengan cara yang sama.maka jadilah seperti gambar berikut:


Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian- bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja.
Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja, caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu menggerakknya.
Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.
Kemudian tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja, dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag gunakan tombol shift+ klik kanan.
Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan. Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini

Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode menjadi object mode.
Selanjutnya adalah pembuatan object bangku/kursi. Pertama , kita buat objek baru dengan cara masuk ke object ,  pilih craeate di menu samping kiri program , lalu pilih cube untuk membuat objek kubus.

Setelah kubus dibuat , kita bentuk bagian permukaan bangku persegi dengan mengatur lebar, pipih, tebal  menggunakan shotrcurt yang ditas sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini.



Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian dengan  masuk ke edit mode, lalu tekan CTRL  + R. Maka jadilah seperti berikut




Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan untuk dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika sudah ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada mouse jika sudah sesuai. Maka jadilahkursi yang kita inginkan.

Untuk menambah jumlah kursi  dengan bentuk yang sama , cukup duplikat obek tersebut. Dengan cara masuk ke objek mode , lalu pada menu tools di samping kana program pilih duplicate.
Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi !!!


OUTPUT




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 MM'student - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -